Home » General » Trik Mudah Menyusun Personal Budgeting Tanpa Tersiksa

Trik Mudah Menyusun Personal Budgeting Tanpa Tersiksa

Personal budgeting mungkin terdengar asing bagi Anda. Istilah ini berkaitan dengan pengelolaan keuangan pribadi atau perseorangan. Hampir sama dengan perencanaan keuangan keluarga, personal budgeting jauh lebih sederhana. Anda tak harus mengatur pengeluaran untuk kebutuhan rumah tangga, cukup kebutuhan diri sendiri. Meskipun demikian masih banyak orang yang bingung bahkan enggan membuat personal budgeting bagi dirinya sendiri. Alasannya tentu saja beragam, mulai dari malas sampai dirasa tidak begitu dibutuhkan atau diperlukan.

Membuat personal budgeting seyogyanya dapat membantu Anda berhemat dengan pendapatan bulanan. Di samping itu, personal budgeting pun bisa mendisiplinkan diri Anda dalam berbelanja kebutuhan pokok maupun tersier. Sehingga Anda tak terlalu boros dan bisa menabung untuk kebutuhan yang lebih darurat. Untuk membuat personal budgeting tidaklah sulit, sebab ada beberapa hal yang bisa dijadikan patokan, yaitu:

Trik Mudah Menyusun Personal Budgeting Tanpa Tersiksa

1. Tetapkan tujuan Anda
Tentukan apa tujuan utama Anda dalam beberapa tahun ke depan atau dalam jangka pendek. Kebanyakan orang tidak tahu tujuan mereka ke depan dalam pengelolaan keuangan. Hal tersebut membuat mereka merasa malas untuk membuat perencanaan keuangan. Sebagai contoh Anda ingin menabung untuk membeli sebuah rumah dalam 2 – 3 tahun ke depan. Anda bisa mulai memperhitungkan, berapa besaran kisaran uang yang harus disisihkan tiap bulannya untuk ditabung. Atau misalkan saja Anda ingin berlibur dengan keluarga di akhir tahun, Anda bisa membuat perincian dana yang dibutuhkan untuk memenuhi keinginan tersebut.

2. Buat perincian pengeluaran
Tak sulit untuk membuat perincian semacam ini, sebab tak harus terlalu detail. Anda bisa mengkategorikan pengeluaran rutin perbulan dalam rincian tersebut. Misalnya saja pengeluaran untuk makan dan minum, cicilan, atau donasi. Anda bisa memasukkan setiap pengeluaran dalam kelompok-kelompok tersebut. Sebisa mungkin kisarannya jangan lebih besar dari pendapatan Anda perbulan dan sisihkan uang di awal bulan untuk menabung.

3. Tetapkan budget rata-rata per bulan
Sebelum menentukan budget bulanan, Anda harus menjabarkan pengeluaran minimal 3 bulan terakhir. Perincian pengeluaran ini bisa kebutuhan makan dan minum, hiburan atau belanja kebutuhan sehari-hari. Sedangkan membayar cicilan serta menabung sebaiknya sudah disiapkan sedari awal tanpa dimasukkan ke dalam perincian. Dari rincian ini ambil angka rata-ratanya untuk menetapkan budget pengeluaran bulanan. Bila perlu ambillah angka tertinggi sebagai patokan agar Anda tak merasa terlalu berhemat dan pelit.

4. Pangkas kebutuhan yang tak terlalu penting
Catatan pengeluaran membantu Anda menganalisis pengeluaran mana yang sekiranya dapat dipangkas. Anda bisa membuang beberapa pengeluaran yang tidak terlalu penting dan mengalokasikan dananya untuk menabung atau kebutuhan lain. Contohnya saja kebiasaan Anda hangout atau menonton film di bioskop terlalu sering, coba hilangkan atau ganti dengan yang hiburan yang lebih murah. Sisa dana itulah yang nantinya bisa Anda gunakan untuk menambah tabungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website