Home » Travel » Cara Mengurus Penamabahan Nama Di Paspor

Cara Mengurus Penamabahan Nama Di Paspor

Memang salah satu dokument yang wajib dan harus sekali kita miliki ketika akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Bahkan bayi yang masih berusia 1 bulan pun harus memiliki paspor sendiri. Jadi memang tidak ada pengecualian, mau itu bayi, anak-anak, remaja, orang dewasa hingga para orang tua wajib hukumnya memiliki paspor terlebih dahulu ketika akan pergi keluar negeri. Salah satu kegiatan yang mengharuskan kita untuk pergi keluar negeri adalah saat akan melaksanakan yang namanya ibadah umroh. Dimana ibadah umroh ini sendiri merupakan ibadah haji kecil, dan dilaksanakan di kota suci mekkah. Jadi kalau anda ingin pergi menunaikan salah satu ibadah yang sangat dinantikan sekali oleh umat muslim ini, jangan lupa untuk membuat paspor terlebih dahulu. Berikut ini cara untuk pembuatan paspor yang akan digunakan untuk kegiatan ibadah umroh, silahkan langsung disimak infonya .

cara untuk pembuatan paspor

  • Membawa dokument yang dibutuhkan untuk pembuatan paspor, asli dan yang sudah di fotocopy terlebih dahulu pada kertas A4, ingat jangan di gunting berkas yang sudah anda fotocopy tersebut. Berikut dokument yang dibutuhkan :
  • E-ktp, Kartu keluarga
  • Akte kelahiran, surat nikah, surat baptis, ijazah terkahir, silahkan pilih salah satu
  • Paspor lama bagi yang sudah memiliki paspor sebelumnya
  • Surat rekomendasik tertulis dari atas, untuk mereka yang bekerja sebagai anggota TNI/Polri, pegawai BUMN, atau PNS
  • Surat rekomendasi dari biro perjalanan ibadah umroh
  • Materai 6000 dan map
  • Selanjutnya anda bisa langsung mendatangi kantor imigrasi terdekat dengan menggunakan pakaian yang rapih
  • Silahkan isi formulitas yang sudah tersedia Kemudian anda bisa langsung mengambil nomor antrian untuk pengechekan berkas
  • Jika sudah lolos berkas maka anda akan diberikan nomor antrian lagi untuk melakukan yang namanya sesi foto, wawancara dan juga pengambilan sidik jari.
  • Pada saat pengambilan foot, sebaiknya anda tidak mengenakan topi, soflens, kacamata atau atribut lainnya. Namun khusus untuk wanita berjilbab tidak perlu melepas jilbabnya. Tapi ada ketentuan yang harus di perhatikan
  • Untuk sesi wawancara nantinya ada beberapa pertanyaan yang akan di ajukan untuk para calon jamaah umroh. Untuk itu anda harus menjawab semua pertanyaan yang akan diajukan tersebut dengan jujur. Seperti tujuan negara yang akan dikunjungi, kepentingan atau kegiatan yang akan dilakukan selama berada dinegara tersebut dan banyak lagi yang lainnya..
  • Jika semua prosedur sudah anda lakukan dengan baik, maka petugas akan memberikan tagihan yang harus anda bayarkan.
  • Anda bisa langsung membayar tagihan tersebut dibank yang sudah di tunjuk, dan nantinya paspor tersebut bisa anda ambil maksimal 5 hari setelah anda sudah melakukan pembayaran  dengan membawa bukti pembayaran tersebut.

Bagaimana sangat mudah sekali bukan tata cara atau prosedur untuk permohonan pembuatan paspor umroh. Namun yang perlu anda ingat adalah khusus untuk melaksanakan ibadah umroh atau haji, nama anda harus lebih dari 3 kata. Misalnya nama anda Andi Ahmad, maka hanya memiliki 2  kata saja. Jadi anda harus menambahkan nama ayah dibelakang nama anda. Misalnya adalah Andi Ahmar Hidayat. Mengapa untuk melaksanakan ibadah umroh atau haji paspor yang kita miliki namanya terdiri dari lebih 3 kata. Karena memang jika bepergian ke negara timur tengah seperti Arab saudi, disana ada banyak sekali kemungkinan nama yang sama dengan kita. Jadi untuk memudahkan dan supaya tidak keliru, maka kita harus memiliki nama yang terdiri dari lebih 3 kata saja. Hal tersebut juga untuk memperkecil berbagai macam kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi.

Namun tak hanya nama ayah saja yang bisa kita sematknya dibelakang nama kita. Tapi anda juga bisa menyematkan nama kakek. Tentu saja anda tidak bisa menggunakan nama suami dibelakang nama anda sebagai penambahan 3 kata. Karena memang di formulir untuk penambahan nama hanya terdiri dari 2 pilihan, yaitu nama ayah dan juga kakek.  Selain itu juga berbeda dengan membuat paspor yang bisa kita lakukan dimana saja. Untuk penambahan nama pada paspor ini memang hanya bisa dilakukan di kantor imigrasi tertentu saja. Berikut ini Cara Mengurus Penamabahan Nama Di Paspor, silahkan langsung anda simak infonya dibawah ini :

  • Membawa paspor asli yang masih berlaku, dan juga fotocopynya, yaitu pada bagian tampak depan yang ada foto dan juga pada bagian yang belakang ada alamatnya dengan menggunakan kertas A4. Ingat jangan digunting, biarkan saja.
  • E-ktp dan juga KK, bawa yang asli dan fotocopy
  • Surat rekomendasi dari travel atau biro perjalanan ibadah umroh ataupun haji.
  • Formulir surat permohonan penambahan nama dengan materai 6000.
  • Anda bisa menanyakan kepada petugas dimana tempat untuk penambahan nama. Karena untuk pengatrian pembuatan paspor baru berbeda dengan antrian untuk penambahan nama.
  • Anda bisa langsung mengchek apakah nama sudah ditambahkan pada formulir penambahan nama.
  • Untuk biaya penambahana nama ini gratis atau tidak di pungut biaya.
  • Paspor anda pun kini sudah berganti dengan penambahan 3 kata nama anda

Bagaimana sudah paham sekarang mengenai Cara Mengurus Penamabahan Nama Di Paspor. Karena hal ini memang sudah menjadi salah satu persyaratan untuk siapa saja yang ingin melaksanakan ibadah umroh atau haji ketanah suci. Namun kalau anda baru saja akan mengajukan permohonan untuk pembuatan paspor baru yang akan digunakan untuk umroh atau haji, maka anda bisa juga sekalian untuk meminta permohonan pengajuan penambahan nama. Agar nantinya setelah paspor yang anda miliki jadi, namun namanya masih terdiri dair 2 kata, maka tidak perlu lagi repot untuk mengurusnya ke kantor imigrasi, yang juga pastinya akan menguras waktu yang anda miliki. Selain itu bagi anda yang memiliki buah hati, sebaiknya mulai sekarang untuk memberikan nama anak anda dengan 3 kata. Supaya diwaktu nanti anak anda tidak akan kerepotan dalam mengurus paspornya ketika akan melakanakan ibadah umroh  ataupun haji ketanah suci mekkah.

Anda bisa mencoba untuk mengurus sendiri penambahan nama yang ada dipaspor. Jangan sampai menggunakan jasa calo yang akan membuat isi kantong menjadi jebol. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau biaya  untuk penambahan nama pada paspor ini gratis alias tidak di pungut biaya. Terkecuali biaya kerusakan atau kehilangan. Berikut rincian biaya yang harus dikeluarkan saat mengurus paspor :

  • Biaya pembuatan paspor biasa 24 halaman 155.000
  • Biaya pengganti halaman yang rusak paspor biasa 24 halaman Rp.155.000
  • Biaya pengganti paspor biasa 24 halaman yang hilang Rp.255.000
  • Biaya pembuatan paspor biasa 48 halaman adalah Rp.355.000
  • Biaya pengganti halaman yang hilang paspor biasa 48 halaman 655.000
  • Biaya pengganti paspor biasa 24 halaman yang rusak Rp.355.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website