Home » General » Berikut 4 Tips Aman Menyalip Mobil dengan Benar dan Tepat

Berikut 4 Tips Aman Menyalip Mobil dengan Benar dan Tepat

Mengemudikan mobil memang perlu trik tersendiri untuk bisa merasa aman dan juga nyaman, sehingga tidak terjadi kesalahan di tengah jalan raya. Meskipun selama ini mobil diberi label sebagai kendaraan paling aman dan nyaman terutama untuk perjalanan jauh. Aktualnya tidak sedikit pengemudi mobil yang terdampar oleh masalah kecelakaan, mulai skala ringan sampai yang sangat berat. Fakta ini tentu menjadi bahan pembelajaran bagi Anda semua untuk lebih jeli dalam mengemudi dan jangan asal merasa menguasai jalan raya.

Tips Aman Menyalip Mobil di Depan

Terutama saat menyalip mobil di depan Anda, meski sering dilakukan bukan berarti teknik Anda sudah benar. Sementara bagi yang ingin belajar menyalip mobil di depan menurut otoupdates.com Anda bisa belajar dari beberapa tips sederhana berikut ini:

Berikut 4 Tips Aman Menyalip Mobil dengan Benar dan Tepat

1. Memperhatikan lajur jalan di sebelah kanan

Lajur kanan menjadi area untuk mendahului mobil di depan, maka penting untuk diperhatikan kondisinya benar-benar lengang. Terutama untuk jalan yang dipakai arah bolak-balik, tentu tidak ada pembatas antara lajur kanan dan kiri. Jangan asal menyalip kalau tidak mau ditubruk pengendara dari depan.

2. Memperhatikan lampu sein mobil di depan

Menyalip yang paling aman tentunya lewat jalur kanan, dan itupun jika kondisinya memungkinkan jadi jangan asal dilakukan. Selain memastikan jalur kanan kondisinya lengang baiknya perhatikan lampu sein kendaraan di depan. Tidak menutup kemungkinan sein lampu kanan menyala yang berarti kendaraan di depan akan belok ke kanan. Berbahaya jika Anda langsung menyalip dengan resiko menabraknya, ketika lampu sein kanan menyala tunda keinginan menyalip sehingga perjalanan Anda dijamin aman.

3. Hindari menyalip di tanjakan dan tikungan

Menyalip kendaraan di depan memang bisa meningkatkan emosi selama mengemudi, namun jangan sampai kelepasan. Memang nampaknya menjadi suatu prestasi tatkala mampu menyalip dengan mulus namun tidak semua orang bisa seperti ini. Selain memperhatikan jalur kanan dan lampu sein kendaraan di depan, Anda pun perlu memilih kondisi medan yang mendukung. Hindari keinginan menyalip pada saat melintasi jalanan menanjak dan menikung sebab rentan mengalami masalah. Pilih jalur lurus untuk menyalip sehingga Anda dan pengguna jalan lain tetap aman.

4. Tengok dulu kaca spion mobil Anda

Sebelum menancap gas untuk mendahului kendaraan di depan usahakan untuk tidak terlupa menengok dulu kaca spion Anda. Tujuannya untuk mengamati kondisi di belakang, sebab bisa jadi kendaraan di belakang berencana menyalip Anda. Baiknya berikan ruang pada kendaraan tersebut untuk menyalip terlebih dahulu dan hindari membunyikan klakson. Sebab ada kemungkinan mengganggu konsentrasi kendaraan di belakang dan berpotensi terjadi kecelakaan. Menyalip dan di salip selama mengemudi mobil adalah hal lumrah, ada baiknya Anda menyikapinya dengan bijak dan hati-hati agar perjalanan tetap aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website