Home » Umum » Berbuka Berlebihan Saat Puasa, Akan Menyebabkan Sembelit Dan Menghambat Proses Detoks

Berbuka Berlebihan Saat Puasa, Akan Menyebabkan Sembelit Dan Menghambat Proses Detoks

Berpuasa adalah kegiatan tubuh dalam menahan lapar haus dan hawa nafsu termasuk menahan emosi. Hal ini sebenarnya sangat bermanfaat bagi tubuh dalam mengoptimalkan proses detoksifikasi. Karena dengan berhenti rahasia menurunkan berat badan
makan dan minum sejenak, ternyata memberikan waktu istirahat pada organ pencernaan kita dan tidak memberikan kesempatan pada bakteri untuk berkembang.
Akan tetapi kebanyakan dari kita ketika berbuka puasa sering melakukan kesalahan, yaitu dengan makan berlebihan dan secara kalap menyantap semua hidangan. Hal itu sebenarnya berdampak buruk bagi kesehatan pencernaan kita. Bahkan dapat menyebabkan sembelit. Hal itu justru membuat tubuh terhambat dalam melakukan proses detoksifikasi tubuh. Seperti yang di ungkapkan oleh pakar saluran cerna dari Rumah Sakit RSCM. Yaitu Dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH.
Sembelit biasanya terjadi karena proses pengerasan kotoran di dalam perut. Hal itu menyebabkan sulit dikeluarkan. Itu karena biasanya kurang minum air putih, dan serat sayur atau buah. Namun pada bulan puasa biasanya sembelit dikarenakan banyak makan gorengan dan banyak minum minuman manis secara berlebihan ketika berbuka.
Padahal sebenarnya, menurut dr Ari, puasa selain ibadah, juga merupakan cara tubuh membersihkan racun. Proses inilah disebut dengan detoksifikasi.
Bahkan dari berbagai penelitian, bahwa dengan berpuasa, tubuh akan mengalami penurunan kadar radikal bebas secara signifikan.
Dr. Ari menyampaikan bahwa radikal bebas biasanya juga berasal dari makanan yang kita makan yang terkadang di dalamnya memiliki sifat racun yang kurang baik bagi kesehatan tubuh.
Dengan berpuasa kita memberikan waktu untuk organ ginjal, pancreas, serta hati untuk beristirahat. Serta dapat ber regenerasi dalam menghasilkan sel baru dan menggantika yang telah rusak. Bahkan ini terbukti secara klinis.
Namun di sisi lain, manfaat ini akan hilang apabila kita berbuka terlalu banyak, dan yang kita makan justru bukan makanan yang baik untuk tubuh. Semestinya kita makan secukupnya dan mkanan itu yang banyak mengandung serat serta tinggi nutrisi.
Awalilah buka puasa anda dengan teh manis secukupnya sebagai pengganti energi dan lanjutkan makan beberapa buah kurma. Baru setelah itu makanlah ke makanan utama. Namun jangan berlebihan.
Bila cara ini kita lakukan dengan benar, manfaat lain yang kita dapatkan adalah kebutuhan sembako kita pada saat puasa tidak akan naik justru akan lebih hemat, namun bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website